Makalah Sistem Operasi Linux

Bab 1

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang masalah

Sebelum kita melangkah lebih jauh berbicara mengenai Linux Dan Macam – Macam Distro Linux, kita kenalkan dulu apa itu sebenarnya Linux. Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Trovalds. Sistemnya, perangkat sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

  1. Pembatasan Masalah
  2. Sejarah Linux
  3. Memperkenalkan Linux ubuntu

 

  1. Rumusan Masalah

Masalah yang dibahas dalam penulisan makalah ini adalah :

Memahami apa Sistem operasi Linux itu?

Bagaimana cara menggunakan Linux?

  1. Tujuan Penulisan

Tujuan daripada penulisan Makalah ini adalah ::

  1. Mengetahui Sistem operasi Linux
  2. Mengetahui keunggulan menggunakan Linux

 

  1. Manfaat Penulisan

Hasil dari penulisan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada semua pihak, khususnya kepada pembaca untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam menggunakan Sistem Operasi dalam hal ini adalah LINUX. Manfaat lain dari penulisan makalah ini adalah dengan adanya penulisan makalah ini diharapkan dapat dijadikan acuan didalam memilih dan menggunakan sistem operasi LINUX UBUNTU.

 

  1. Metode Pengumpulan Data

Data penulisan makalah ini diperoleh dengan metode studi kepustakaan. Metode studi kepustakaan yaitu suatu metode dengan membaca telaah pustaka tentang Materi kami yaitu linux ubuntu. Selain itu, tim penulis juga memperoleh data dari internet.

 

BAB II

ISI

Sejarah

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa finlandia yang bernama Linus Torvalds. Dulunya Linux merupakan proyek hobi yang diinspirasikan dari minix, yaitu sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanen-baum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991. Kemudian pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan shell bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Saat ini Linux adalah sistem UNIX yang sangat lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan soft-ware dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif sistem operasi yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi komersial (misalnya  windows 9.x/NT/2000/ME).
Perkembangan Sistem Operasi Linux – Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan, pengalaman serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet menjadi pilihan yang sangat tepat. Karena kernel Linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia, sebagai contoh C-Compiler menggunakan gcc dari Free Software Foundation GNU’s Project. Compiler ini banyak digunakan  pada lingkungan Hewlett-Packard dan Sun. Sekarang ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu Star Office. Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux dan aplikasi seperti Matlab yang pada Linux dikenal sebagai Scilab. Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering disebut Distro).

Distribusi Linux

Siapa pun dapat menginstall sistem Linux, ia hanya perlu mengambil revisi terakhir dari komponen sistem yang diperlukan melalui situs ftp lalu di-compile. Pada awal keberadaan Linux, operasi seperti di atas persis seperti yang dilaksanakan oleh pengguna Linux. Namun, dengan semakin dewasanya Linux, berbagai individu dan kelompok berusaha membuat pekerjaan tersebut lebih mudah dengan cara menyediakan sebuah set bingkisan yang standar dan sudah di-compile terlebih dahulu supaya dapat diinstall secara mudah.

Distribusi pertama mengatur paket-paket ini secara sederhana menyediakan sebuah sarana untuk memindahkan seluruh file ke tempat yang sesuai. Salah satu kontribusi yang penting dari distribusi modern adalah manajemen/ pengaturan paket-paket yang lebih baik. Distribusi Linux pada saat sekarang ini melibatkan database packet tracking yang memperbolehkan suatu paket agar dapat diinstal, di upgrade, atau dihilangkan tanpa susah payah.

Logo Linux

Logo Linux adalah sebuah pinguin. Tidak seperti produk komersil sistem operasi lainnya, Linux tidak memiliki simbol yang terlihat hebat. Melainkan Tux, nama pinguin tersebut, memperlihatkan sikap santai dari gerakan Linux. Logo yang lucu ini memiliki sejarah yang unik. Awalnya, tidak ada logo yang dipilih untuk Linux, namun pada waktu Linus (pencipta Linux) berlibur, ia pergi ke daerah selatan. Disanalah dia bertemu seekor pinguin yang pendek cerita menggigit jarinya. Kejadian yang lucu ini merupakan awal terpilihnya pinguin sebagai logo Linux.

Perbedaan mendasar Linux

Satu hal yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah harga. Linux ini lebih murah dan dapat diperbanyak serta didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang. Tetapi ada hal lain yang lebih utama selain pertimbangan harga yaitu mengenai source code. Source code Linux tersedia bagi semua orang sehingga setiap orang dapat terlibat langsung dalam pengembangannya. Kebebasan ini telah memungkinkan para vendor perangkat keras membuat driver untuk device tertentu tanpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal atau menandatangani Non Disclosure Agreement (NDA). Dan itu juga telah menyediakan kemungkinan bagi setiap orang untuk melihat ke dalam suatu sistem operasi yang nyata dan berkualitas komersial. Karena Linux itu tersedia secara bebas di internet, berbagai vendor telah membuat suatu paket distrbusi yang dapat dianggap sebagai versi kemasan Linux. Paket ini termasuk lingkungan Linux lengkap, penagkat lunak untuk instalasi dan mungkin termasuk perangkat lunak khusus dan dukungan khusus.

Perbandingan Linux terhadap sistem operasi lainnya

Linux disusun berdasarkan standar sistem operasi POSIX yang sebenarnya diturunkan berdasarkan fungsi kerja UNIX. UNIX kompatibel dengan Linux pada level system call, ini berarti sebagian besar program yang ditulis untuk UNIX atau Linux dapat direkompilasi dan dijalankan pada sistem lain dengan perubahan yang minimal. Secara umum dapat dikatakan Linux berjalan lebih cepat dibanding UNIX lain pada hardware yang sama. Dan lagi UNIX memiliki kelemahan yaitu tidak bersifat free. MS-DOS memiliki kemiripan dengan Linux yaitu file sistem yang bersifat hirarkis. Tetapi MS-DOS hanya dapat dijalankan pada prosesor x86 dan tidak mendukung multi user dan multi tasking, serta tidak bersifat free. Juga MSDOS tidak memiliki dukungan yang baik agar dapat berinteroperasi dengan sistem operasi lainnya, termasuk tidak tersedianya perangkat lunak network, program pengembang dan program utilitas yang ada dalam Linux.
MSWindows menawarkan kemampuan grafis yang ada pada Linux termasuk kemampuan networking tetapi tetap memiliki kekurangan yang ada pada MS-DOS. Windows NT yang juga tersedia untuk Digital Alpha selain prosesor x86. Namun Windows NT ini masih juga memiliki beberapa kekurangan yang telah ada pada MS-DOS.Waktu untuk menemukan suatu bug dalam suatu sistem operasi ini tak sebanding dengan harga yang harus dibayar. Sistem operasi Apple untuk Macintosh hanya dapat berjalan di sistem Mac. Juga memiliki kekurangan dari sisi ketersediaan perangkat bantu pengembang (development tool) dan juga kurang dapat secara mudah untuk berintoperasi dengan sistem operasi lainnya. Apple juga telah memungkinkan Linux dapat dijalankan pada PowerMac.
Bagian penting kernel Linux
Kernel Linux terdiri dari beberapa bagian penting, seperti : manajemen proses, manajemen memori, hardware device drivers, filesystem drivers, manajemen jaringan dan lain-lain. Namun bagian yang terpenting ialah manajemen proses dan manajemen memori. Manajemen memori menangani daerah pemakaian memori, daerah swap, bagian-bagian kernel dan untuk buffer cache. Manajemen proses menangani pembuatan proses-proses dan penjadwalan proses. Pada bagian dasar kernel berisi hardware device drivers untuk setiap jenis hardware yang didukung.

Macam – Macam Distribusi Linux

  1. Slackware

Distro paling tua, dibuat oleh Patrick Volkerding. Ini mungkin distro linux yang paling mirip UNIX. Paket manager nya pake dpkg dengan akhiran tgz. Rilis pertama adalah Juli 1993, rilis terakhir versi 10.2 performace nya bagus untuk low end komputer, kurang cocok untuk pemula, cocok bagi yang sangat terbiasa dengan unix. turunan nya cukup banyak sekarang ada vector.

  1. Debian

Distro paling lengkap, dibuat oleh Ian dan cewek nya Debbie jadilan Debian. Didukung oleh paling banyak hacker di dunia, paling banyak paket program nya. Paket manager nya pake apt-get, paket file nya *.deb. Paling cepat update nya, tapi rilis stabil nya paling lelet rilis terakhir “sarge” versi 3r1. Sebanyak 14CD atau 2DVD, source nya sebanyak 15CD, 3DVD. Mendownload cd nya dengan jidgo, jidgo ini akan mendownload paket paket program dan membuat image cd nya di komputer kita. Target nya stabilitas distro, pemakai nya kebanyakan advance user, untuk pemula kurang frienly, banyak tool yang harus diakses dari konsol. Saat ini banyak turunan dari debian contoh terkenal adalah linux live cd knoppix, ubuntu.

  1. Redhat

Pelopor distro linux user frendly, dibuat oleh Alan Cox. redhat yang menciptakan paket manager rpm, saat ini ada paket manager yup, dan apt-get untuk redhat. Target nya untuk pemula sampai advance user. Redhat juga yang membuat proyek Gnome. Turunan nya banyak sekali contoh nya adalah Mandriva, Fedora dll. Saat ini Redhat fokus untuk komersial untuk enterprise Linux, sedangkan untuk komunitas ada Fedora. Btw sebenarnya orang orang nya dia-dia juga. Paket source dari Redhat sebenarnya free, jadi banyak yang porting dari RPMS redhat menjadi Distro lain contoh nya adalah CentOS, Tao, Whitebox.

  1. SuSE/Novell

Distro ini dikembangkan di eropa, jerman tepatnya, target user nya pemula sampai advance, dulu nya SuSE tidak menyediankan iso image untuk di download, jadi kalau mau install konek internet, download disket boot dan install langsung dari Internet, maklum aja di eropa jaringan internet nya udah kenceng sampe ke rumah. Saat ini SuSE dibeli oleh Novell, berkerja sama juga dengan Sun Microsystem, sehingga desktop default nya solaris 10 adalah gnome. Baru baru ini saja Suse mengeluarkan versi OpenSuSE yang bisa di download iso image nya.

  1. Mandriva

Distro paling user frendly ini dikembangkan di Prancis, Dahulu nama nya Mandrake tapi karena ada masalah lisensi nama, kemudian ganti nama menjadi mandriva setelah mengakuisisi Conectiva. Memakai paket mamager RPM, dan oleh mandriva di kembangkan menjadi urpmi. Target user nya pemula sampai advance, banyak dipakai untuk desktop. Yang baru pemula sungguh enak sekali pakai mandriva, karena instalasi nya mudah, pengenalan hardware nya bagus. Default dekstop nya adalah KDE

  1. Gentoo

Distro ini menyediakan compile di tempat. Artinya anda bisa mengoptimalkan distro linux untuk pc anda, pembuat nya (sory lupa) pernah menjadi developer freebsd. Kemudian membuat paket manager yang mirip dengan freebsd untuk gentoo. sory gue gak bisa komentar banyak belum pernah install gentoo soalnya.

  1. Knoppix

Distro paling asik deh, soalnya enggak perlu install ke hardisk, cukup masukan cd nya dan boot ke cd. Dikembangkan dari debian, sehingga paket debian bisa di install ke knoppix, bisa di install ke hardisk. Guna nya cukup banyak misalnya untuk demo program, sarana belajar linux dengan cepat. Bagi pemula yang takut install linux lebih baik belajar pake Knoppix. Yang pembuat nya dari Jerman Klaus Knopper.

  1. Ubuntu

Distro baik hati, bayangin dia bagi bagi CD gratis kei seluruh dunia. Pasti uang nya juga lumayan terutama ongkos kirim nya. dikembangkan dari debian & knoppix, ada dua versi live cd atau install. paket debian bisa langsung di install di Ubuntu.

  1. Mepis & Xandros

Ini distro yang mudah di install, menyertakan paket yang instant misalnya flash, java, acrobat reader, mplayer, quicktime, nvidia driver sudah include ada di sini. Fedora, Mandriva free download, opensuse, belum menyertakan paket tersebut. Dkembangkan dari debian

  1. linux lain lain

Bnyak lagi linux yang lain ada ratusan distro coba lihat refrensi link di atas dengan terget nya macam-macam, tapi yang pasti linux itu program program nya sama saja, yang berbeda cara paket nya, instalasi nya. kalau sudah masuk konsol pasti rasanya mirip mirip.

 

LINUX UBUNTU

Pengertian Linux Ubuntu

  Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth).
   Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.
Mengapa Harus Ubuntu?
Ubuntu adalah [sistem operasi] lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu:
* bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
* bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
* bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kelebihan Ubuntu :

  • bebas virus ; untuk saat ini virus lebih senang menyerang OS dari MS yg ber ext .exe untuk ubuntu sudah beda jadi virus dari os tetangga tidak akan berjalan di os linux.
  • 3D Interface : efeck 3D kita sering jumpai di OS tetannga seperti aero memerlukan spek komputer yg tinggi tetapi ubuntu dengan spek komputer yg tidak terlalu tinggi sudah bisa 3D
  • Kompatibilas : Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru, dari mulai usb modem, wifi dan perangkat lain just plug n play
  • Kemudahan Migrasi
  • free alias gratis : tinggal download dari situs ubuntu dapat download.
  • user friendly : untuk orang awam sekalipun bisa memakai ubuntu.

Pengembangan Versi Linux Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu distro pada linux dimana versi pertamanya lahir pada Oktober  2004 ,  versi  baru  ubuntu  hadir setiap   6  bulan  sekali  dan  anda   bisa mengupgradenya  secara   gratis  tanpa  biaya sepeserpun. Versi  ubuntu  memiliki  format  Y.MM,  Y=tahun  dan  MM  adalah  bulan.  Misalnya ubuntu Karmic Koala 9.10, maka ubuntu tersebut mempunyai arti dikeluarkannya pada bulan Oktober (bulan 10) tahun 2009.

Setiap kali release distro ubuntu di support sampai 18 bulan atau 1,5 tahun, beda dengan Versi LTS  (Long  Term  Support)  yang  di  support  sampai  3  tahun  untuk  desktop  dan  5 tahun untuk server.

Berikut ini adalah gambaran ringkas Versi Ubuntu beserta Code Namenya.

  1. Ubuntu 4.10 (codename: Warty Warthog)

Merupakan rilis pertama Ubuntu, masih menggunakan GNOME desktop yang tradisional. Di rilis ini Ubuntu menggunakan hewan Babi Hutan sebagai code-name nya. Disebut Babi hutan karena tampilan dekstop dan tema default-nya masih didominasi warna coklat yang merupakan warna Babi hutan. Merupakan Linux favorit untuk pilihan kerja, sekolah, dll, karena menggunakan mode grafis, di mana saat itu tidak banyak OS Linux yang masih menggunakan mode grafis. Ubuntu rilis ini diluncurkan pada 20 Oktober 2004

  1. Ubuntu 5.04 (codename: Hoary Hedgehog)

Dirilis pada tanggal 08.04.2005. Untuk ubuntu versi ini mendapat perubahan pada penggunann place pada launcher aplikasi gnome panel, mungkin dimaksudkan untuk mempermudah pengkategorian. Dari segi interface tidak banyak melakukan perubahan.

  1. Ubuntu 5.10 (codename: Breezy Badger)

Dirilis pada tanggal 13.10.2005. Masih mengusung dengan warna coklat, dan tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Namun sudah ada penggunaan logo ubuntu orange di launcher aplikasi di gnome panel.

  1. Ubuntu 6.06 LTS (codename: Dapper Drake)

Dirilis pada tanggal 01.06.2006. Ubuntu versi ini adalah LTS (Long Term Support) yang artinya mendapat dukungan jangka panjang, berbeda dengan versi standard yang hanya mendapat dukungan 2 tahun, untuk versi LTS mendapat dukungan 4 tahun. Ubuntu 6.06 mendapatkan dukungan akhirnya pada tanggal 01.06.2011 tahun kemarin. Ubuntu versi ini memdapatkan perubahan pada icon yang lebih smooth dan window yang lebih cerah dengan penggunaan warna orange agak kecoklatan.

  1. Ubuntu 6.10 (codename: Edgy Eft)

Versi ini masih sama dengan pendahulunya versi 6.04. Jadi tidak ada yang istimewa, hanya saja ada perubahan yang mungkin sedikit terlihat yaitu kesan gelap dari warna coklat kini sudah berubah menjadi sedikit warna orange  dan lebih cerah.

  1. Ubuntu 7.04 (codename: Feisty Fawn)

Dirilis pada tanggal 19.04.2007. Lagi-lagi tidak mengalami perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan windows yang kala itu sudah merilis windows vistanya yang bernuansa gelap dan aero. Namun ubuntu versi ini sudah banyak melakukan perubahan dibanding versi awalnya dan telah didukung oleh banyak aplikasi berlisensi GPL.

  1. Ubuntu 7.10 (codename: Gutsy Gibbon)

Dirilis pada tanggal 8.10.2007. Belum banyak perubahan berarti pada versi ini dari segi interface.

  1. Ubuntu 8.04 LTS (codename: Hardy Heron)

Dirilis 24.04.2008. Versi LTS selanjutnya dari ubuntu, dukungan berakhir setahun lagi untuk versi server pada 04.2013 nanti.

  1. Ubuntu 8.10 (codename: Intrepid Ibex)

Dirilis pada tanggal 30.10.2008. Pada versi ini ubuntu telah sedikit mnegubah interfacenya dengan mengusung tema brown, tampak lebih elegan.

  1. Ubuntu 9.04 (codename: Jaunty Jackalope)

Rilis pada tanggal 23.04.2009. Keseriusan untuk menonjokan interface mulai tampak disini, dengan menusung tema dark ambiance pada tema GTK dan lebih tertata rapi. Terlihat lebih menawan dan anggun.

  1. Ubuntu 9.10 (codename: Karmic Koala)

Rilis pada tanggal 29.10.2009. Pada Ubuntu versi ini muncul versi netbook edition yang didesain khusus untuk lingkungan netbook, tampilannya lebih fresh untuk dilihat, dan ini menjadi titik awal perkembangan unity yang saat ini sedang dikembangkan ubuntu.

  1. Ubuntu 10.04 LTS (codename Lucid Lynx)

Rilis tanggal 29.04.2010. Sengaja saya tampilkan versi netbook karena tampilannya lebih futuristik, untuk versi pc masih mengusung tema yang sama seperti pendahulunya namun menggunakan border dark ambiance.

  1. Ubuntu 10.10 (codename: Maverick Meerkat)

Rilis pada tanggal 10.10.2010. Ini adalah versi ubuntu kesayangan saya karena sangat stabil dan nyaman digunakan. Untuk versi 10.04 dan 10.10 mengusung warna dasar Ungu dan dark

  1. Ubuntu 11.04 (codename: Natty Narwhal)

Rilis 28.04.2011. Pada ubuntu versi ini sudah mengadopsi tampilan netbook editionnya yang dinamakan unity desktop dan launchernya disebut unity launcher. Namun pada versi ini masih terdapat banyak bug karena selalu crash dengan compiz, banyak user yang tidak suka dengan perubahan ini. Namun tampilannya memang lebih futuristik karena hasil kombinasi dengan gnome versi 3.0 dan unity desktop.

  1. Ubuntu 11.10 (codename: Oneiric Ocelot)

Rilis tanggal 13.10.2011. Versi ini lebih stabil dari versi sebelumnya, karena compiz sudah berjalan dengan baik disini, dengan pengembangan desktop Unity yang lebih baik, Ubuntu versi ini sudah tidak menggunakan Gnome 3 sebagai DE default, karena pembatasan yang dilakukan pada efek-efek desktop seperti compiz, namun Unity tetap dibangun diatas lingkungan Gnome 3.

Saya menyisipkan versi unty dan Gnome-shellnya:

  1. Ubuntu 12.04 (codename: Precise Pangolin)

Ubuntu telah memperoleh reputasi sebagai salah satu distro linux yang paling mudah untuk diinstall dan digunakan. Bagaimana tidak, graphic user interface-nya sudah sangat modern dan user friendly..tidak kalah dengan Windows atau Mac OS! Apalagi setelah dirilisnya versi terbaru dari Ubuntu yaitu Ubuntu 12.04 LTS. Versi ini semakin mengukuhkan posisi Ubuntu sebagai sistem operasi gratis yang jempolan!

Ubuntu 12.04 merupakan versi LTS atau Long-term support. Ini berarti sistem operasi ini akan mendapatkan security update hingga 5 tahun kedepan, cocok bagi anda yang tidak ingin mengupgrade OS setiap 6 bulan sekali.

Pangolin dalam bahasa Inggris adalah Trenggiling, wakil dari ordo Pholidota yang masih ditemukan di Asia Tenggara. Hewan ini memakan serangga dan terutama semut dan rayap. Trenggiling hidup di hutan hujan tropis dataran rendah. Trenggiling kadang juga dikenal sebagai anteater. Bentuk tubuhnya memanjang, dengan lidah yang dapat dijulurkan hingga sepertiga panjang tubuhnya untuk mencari semut di sarangnya. Rambutnya termodifikasi menjadi semacam sisik besar yang tersusun membentuk perisai berlapis sebagai alat perlindungan diri. Jika diganggu, trenggiling akan menggulungkan badannya seperti bola. Ia dapat pula mengebatkan ekornya, sehingga “sisik”nya dapat melukai kulit pengganggunya.

Ubuntu 12.04 kini menyertakan versi terbaru dari Unity Interface. Taskbarnya terletak di sebelah kiri dengan logo Ubuntu sebagai start button. Klik saja tombol tersebut dan ketikkan kata kunci untuk mencari program dan file dokumen. Ada juga icon yang muncul jika anda tidak yakin dengan nama software yang sedang anda cari. Namun anda tidak perlu khawatir kesulitan mencari software, karena software-software di Ubuntu akan ditata sesuai dengan kategorinya untuk memudahkan pencarian.

Program-program yang berjalan akan muncul di bar sebelah kiri dan bisa anda jadikan shortcut. Cukup klik kanan dan pilih “Lock to Launcher” untuk membuat shortcut.

Di Ubuntu versi terbaru ini, LibreOffice yang digunakan adalah LibreOffice 3 yang merupakan versi terbaru dari software office ini. Anda bisa dengan mudah bekerja dengan LibreOffice karena secara fungsi dan tampilan tidak jauh berbeda dengan Microsoft Office.

Bagi penikmat musik, Ubuntu 12.04 menggunakan media player bernama Rhythmbox. Media player ini selain bisa memutar musik yang ada di komputer anda, juga bisa terhubung dengan Last.fm maupun Libre.fm. Bahkan musik-musik yang tersimpan di akun Ubuntu One anda bisa dimainkan juga disini.

Sudah punya akun Ubuntu One khan? Jika belum, langsung saja daftar..gratis kog 🙂 ! Dengan mendaftar anda akan diberi 5GB storage secara cuma-cuma. Bisa digunakan untuk menyimpan file, lagu, dll secara cloud lho. 5 GB cloud storage bagi saya sudah lebih dari cukup, apalagi mengingat diberi secara gratis.

Untuk masalah berselancar ria di internet, Firefox menjadi browser andalan Ubuntu terbaru ini. Masalah email client juga diatasi oleh saudara dari Firefox yaitu Thunderbird. Tapi jika anda benci dengan Firefox (walaupun Firefox tidak layak untuk dibenci :p ), anda bisa menginstall browser Chromium melalui software center. Chromium adalah versi open source dari Google Chrome.

 

Ngomong-ngomong tentang software center, ini adalah tempat dimana anda bisa mencari, mendownload dan menginstall software untuk Ubuntu..mirip dengan iTunes Store untuk Mac OS. Berbeda dengan add/remove program yang ada di Windows, software center Ubuntu langsung terhubung dengan server Ubuntu. Hampir semua software disana bisa digunakan secara gratis, tetapi mulai ada juga software dan game berbayar yang bermunculan.

Setelah itu langsung burn di CD, restart komputer anda dan boot dari CD tersebut untuk memulai proses instalasi. Instalasinya sangat mudah..semudah menginstall Windows.

Ubuntu adalah sistem operasi yang sangat cepat, bahkan ketika digunakan di komputer tua. Jika anda memiliki komputer yang sudah usang dan terasa lemot ketika diinstall Windows, cobalah diinstall Ubuntu. Komputer tua anda serasa menjadi “hidup” kembali!

Ubuntu adalah sistem operasi alternatif Microsoft Windows terbaik yang bisa didapatkan secara gratis. Bahkan ketika menggunakannya, bisa-bisa anda lupa kalau sistem operasi tersebut adalah sistem operasi gratis

Pengertian ubuntu 12.04

Ubuntu 12.04 adalah sebuah versi Distro yang dirilis pada Tahun 2012 pada Bulan April,   Distro ini merupakan Distro dengan Label LTS (Long Term Support) artinya Distro ini layak /   sangat disarankan untuk digunakan, karena dilihat dari kestabilan / kenyamanan dalam penggunaannya..

Kelebihan dan Fitur tambahan pada Ubuntu 12.04 LTS

Ubuntu 12.04 adalah sebuah versi Distro yang dirilis pada Tahun 2012 pada Bulan April,   Distro ini merupakan Distro dengan Label LTS (Long Term Support) artinya Distro ini layak /   sangat disarankan untuk digunakan, karena dilihat dari kestabilan / kenyamanan dalam penggunaannya.

Berikut adalah beberapa fitur / kelebihan yang dimiliki oleh ubuntu 12.04 LTS :

  • Peningkatan antarmuka untuk Unity (versi 5.10) yang membawa kinerja yang lebih baik dan pengguna sekarang dapat menggunakan Dash untuk mencari video, baik lokal maupun online (YouTube, Vimeo, dll).
  • Peningkatan dukungan multi-monitor.
  • X.org v 7.6 / Xorg Server v 1.11.4 / GNOME 3.4.1
  • The HUD baru memungkinkan pengguna untuk lebih cepat melakukan tindakan yang diinginkan tanpa mencari di dalam menu. HUD dapat diaktifkan dengan menekan tombol ALT.
  • Rilis ini didasarkan pada kernel 3.2.x yang membawa dukungan perangkat lebih dan perbaikan kinerja.
  • Adapun aplikasi standar, Ubuntu 12,04 LTS Precise Pangolin dilengkapi dengan LibreOffice 3.5.2, Firefox 11, Thunderbird 11.0.1, Nautilus 3.4.1, Banshee diganti dengan Rhythmbox karena masalah stabilitas, dll.

 

BAB III

PENUTUP

  1. KESIMPULAN

Linux adalah sebuah program open source yang gratis di bawah lisensi GNU, sistem operasi 32-64 bit, yang merupakan turunan dari Unix dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86), hingga prosesor RISC. Linux sebagai program open source yang gratis Salah satu yang membuat Linux terkenal adalah karena gratis. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Anda dapat memperoleh Linux tanpa harus membayar sama sekali. Jika Anda harus membayar tiap kali instal perangkat lunak di lain komputer, maka dengan Linux Anda dapat menginstalnya dimana saja tanpa harus membayar lisensi.

Kebebasan yang paling penting dari Linux, terutama bagi programmer dan administrator jaringan, adalah kebebasan memperoleh kode sumber (source code) dan kebebasan untuk mengubahnya. Ini berimplikasi pada beberapa hal penting. Pertama keamanan, yang kedua dinamika.

 

DAFTAR PUSTAKA

  • tukangubuntu.com

 

 

Download File Cara Instalasi Sistem Operasi Linux Ubuntu 12,

Download File Lain Makalah Sistem Operasi LinuxSistem Operasi Linux

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan komentar