ENKRIPSI DAN DEKRIPSI

Terminologi

Cobalah untuk mengikuti langkah-langkah dibawah ini :
Buka Microsoft Word anda dan siapkan sebuah halaman kosong.
Buatlah sebuah puisi atau surat cinta kepada seseorang atau pacar anda atau teman anda.
Gunakan font standard ukuran 12 dan type arial .
Setelah selesai , coba anda blok tulisan anda kemudian hurupnya alihkan ke Bookshelf symbol , atau wingdings atau jenis tulisan yang berupa hurup yang tidak gampang dibaca.
Pelajaran apa yang telah anda dapatkan ?

Enskripsi
Pada saat anda membuat sebuah surat dengan font Arial berarti anda sudah melakukan apa yang disebut dengan membuat ” Plaintext ” dalam ilmu  Kryptography .
Pada saat anda mengubah hurup tersebut dari Arial ke Bookshelf symbol berarti anda sudah melakukan yang disebut System Substitusi ( bukan  Transposisi ) dalam metode Kryptography yang lazim disebut Proses ENKRIPSI ( Encryption ) dengan keyword adalah font Bookshelf symbol , sehingga Surat anda sudah tidak dapat dibaca orang lain.
Pada saat anda mengubah hurup tersebut dari Arial ke Bookshelf symbol Maka isi surat dengan Font Bookshelf symbol yang anda buat disebut dengan Ciphertext dalam ilmu Kryptography.

Deskripsi
Saat anda mengirimkan Surat tersebut dan diterima oleh Pacar anda,
maka  pacar anda akan mengubah kembali font Bookshelf symbol menjadi Font Arial  agar bisa dibaca kembali. Maka Pacar anda telah melakukan yang disebut Proses Deskripsi ( Descryption ) dengan mengunakan Private Key ( karena dengan kunci yang sama , bukan Public key  ) pada kasus ini keyword nya adalah Font  Arial .
Picture1

Pengertian Enkripsi dan Dekripsi

Enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus. atau bisa didefinisikan juga Enkripsi merupakan proses untuk mengubah plainteks menjadi chiperteks. Planteks sendiri adalah data atau pesan asli yang ingin dikirim, sedangkan Chiperteks adalah data hasil enkripsi. Enkripsi dapat diartikan sebagai kode atau chiper.

Sebuah chiper mengunakan suatu algoritma yang dapat mengkodekan semua aliran data (stream) bit dari sebuah pesan menjadi cryptogram yang tidak dimengerti (unintelligible). Karena teknik chiper merupakan suatu system yang telah siap untuk di automasi, maka teknik ini digunakan dalam system keamanan computer dan jaringan. Enkripsi dimaksudkan untuk melindungi informasi agar tidak terlihat oleh orang atau pihak yang tidak berhak. Informasi ini dapat berupa nomor kartu kredit, catatan penting dalam komputer, maupun password untuk mengakses sesuatu. Deskripsi dalam dunia keamanan komputer merupakan proses untuk mengubah chiperteks menjadi plainteks atau pesan asli. Jadi Deskripsi merupakan kebalikan dari Enkripsi upaya pengolahan data menjadi sesuatu yang dapat diutarakan secara jelas dan tepat dengan tujuan agar dapat dimengerti oleh orang yang tidak langsung mengalaminya sendiri.


Kategori dari Enkripsi

Dalam hal ini terdapat tiga kategori enkripsi, yaitu :

Kunci enkripsi rahasia, artinya terdapat sebuah kunci yang digunakan untuk mengenkripsi dan juga sekaligus mendekripsikan informasi.
Kunci enkripsi public, artinya dua kunci digunakan satu untuk proses enkripsi dan yang lain untuk proses dekripsi.
Fungsi one-way, atau fungsi satu arah adalah suatu fungsi dimana informasi dienkripsi untuk menciptakan “signature” dari informasi asli yang bisa digunakan untuk keperluan autentikasi.

Kelebihan dari Enkripsi

Kerahasiaan suatu informasi terjamin.
Menyediakan autentikasi dan perlindungan integritas pada algoritma checksum/hash.
Menanggulangi penyadapan telepon dan email
Untuk digital signature

Kekurangan dari Enkripsi

Penyandian rencana teroris.
Penyembunyian record kriminal oleh seorang penjahat.
Pesan tidak bisa dibaca bila penerima pesan lupa atau kehilangan kunci.

Model – model Enkripsi

Symmetric Cryptosystem ( Enkripsi Konvensional)
Dalam symmetric cryptosystem,kunci yang digunakan dalam proses enkripsi dan dekripsi adalah sama atau pada prinsipnya identik. Kunci ini pun bisa diturunkan dari kunci lainnya. Oleh karena itu sistem ini sering disebut secret-key ciphersystem. Kunci yang menggunakan teknik enkripsi ini harus betul-betul dirahasiakan.

Assymmetric Cryptosystem (Enkripsi public-key)
Dalam Assymmetric cryptosystem,kunci yang digunakan terdapat dua buah. Satu kunci yang dapat dipublikasikan deisebut kunci publik (public key), satu lagi kunci yang harus dirahasiakan disebut kunci privat (private key). Secara sedehana proses tersebut diterangkan sebagai berikut :
– A mengirimkan pesan kepada B.
– A menyandikan pesannya dengan menggunakan kunci publik B.
– Bila B ingin membaca pesan dari A, ia harus menggunakan kunci privatnya untuk mendekripsikan pesan yang tersandikan itu.

Contoh Aplikasi dan Penerapan

-Stand alone
EasyCrypto Deluxe
Mooseoft Encrypter
PowerCrypt 2000
Kryptel 

-Jaringan
PGP
CIPE
SSH
SSL

Contoh Aplikasi lainnya
AutoCrypt
TrueCrypt
P-Encryption Suite
AxCrypt
Pen Protect
Masker
dll.

EasyCrypto Deluxe
Picture2
EasyCrypto adalah sistem dengan satu kunci (single key system) sehingga tidak dapat digunakan untuk mengenkripsi file yang akan dikirimkan ke orang lain. Perangkat ini lebih cocok untuk mengamankan file pribadi di PC.

Mooseoft Encrypter
Picture3
Mooseoft Encryptor Merupakan perangkat enkripsi stand-alone lainnya yang amat mudah digunakan. Untuk membantu menemukan kata sandi yang baik, Encryptor mempunyai pembuat kata sandi yang dapat membuatkan kata sandi secara acak.

PowerCrypt 2000
Picture4
PowerCrypt Menggunakan algoritma enkripsi yang relatif tidak dikenal dari GNU license library yang bernama Zlib. Antar mukanya pun tidak terlalu mudah digunakan dan juga tidak dapat diatur ukurannya.

Kryptel
Picture5
Kryptel Merupakan perangkat yang elegan dan mudah digunakan sehingga ideal untuk mereka yang ingin menggunakan perangkat enkripsi yang sederhana karena bekerja dengan cara drag and drop.

PGP (Pretty Good Privacy)
Definisi
program enkripsi yang memiliki tingkat keamanan cukup tinggi dengan menggunakan “private-public key” sebagai dasar autentifikasinya.

Kelebihan
Aman
Fleksibel
Gratis
Kekurangan
Terdapat beberapa bug

CIPE (Crypto IP Encapsulation)

Diciptakan oleh Titz
Tujuan:
1.Menyediakan fasilitas
interkoneksi subnetwork yang
aman
2.Menanggulangi penyadapan
3. Analisa trafik
4.Injeksi paket palsu

SSH (Secure Shell)

Program yang melakukan loging terhadap komputer lain dalam jaringan
Mengeksekusi perintah lewat mesin secara remote
Memindahkan file dari satu mesin ke mesin laginnya.

SSL (Secure Sockets Layer)
Dibuat oleh Netscape Communication Corporation
SSL adalah protokol berlapis

16 Comments

  1. I just want to mention I am just beginner to blogs and absolutely savored you’re blog. Most likely I’m want to bookmark your site . You definitely have remarkable writings. Many thanks for revealing your web page.

  2. Ping-balik: white whall
  3. Ping-balik: abac bangna
  4. Ping-balik: free microsoft points
  5. biz bntu gk
    tolong trjemahin donk
    £·£Ô÷¸{BUÖ•)bK”#òd%h5Vš†´çHÿAØ‹áªô«’1ÁÜ úŸÚðÊCˆG.”ö ,Ú|X´¹lÎùsrŽú!ªù¤s:‹ˆ½Š»‘¸‚ᶾ‘è3ØV»¢µ¡“DQ¡ÈZú)`L+jÕ¬ÿ _~TûºsSÀ”ê]L]n”Ù„ÜÏ@¸q8″r¹vaR¢9ñ7çdeœŸÎ³)QF ͝Ä×#œO4²]Væ7‚ßt,‘×›¯”+ዪ”Äݝ®-?üñS§ts¢~ûòø¢ÄåO¼éQé+ÔsÏO²Yc‡ªŽf›çƒméã*ªØš3nN?-²¼‹CÛQ5“oªÎ¬—RëßàŸ#ó¸ÒèL(È*’)mIFbƒl5V„]ÕF*Æð2ývìˆAíóSíYÍû\\†>ñÞΈÃk­hÈö£`
    y–Û-¨8h>,gX\•û;8F•1ËM%rÃþµ¯¨¤ÁV&Ûó‰Ü~ª,Jƒ¸6\6ëÄò§ûeÞ/±†q@Žô$( ÓÒS®ºb® ü%õŸJŽAìæ¼ì”áÜü†Ê?’Œté<òŽ õ‹m GÅ$k«(Ñx¤Ñì± qÑ©¯$›+0zPùK»ªÌÖYÑ?ë±)7iÈù8‘UÉ:_å¯ÑPÕt4æ«\´íÒí¿®<"±l¯’pü8±ÊwÈ—¾1Ïtz'cځô€®L•¬ì¯a´ñ…ÌVïDuå-B

  6. Hey There. I foujd your blog using msn. This is a really well written article.

    I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful info.
    Thanks for the post. I will definitely comeback.

Tinggalkan komentar