Sampel

1. Pengertian Sample
Dalam penelitian, keseluruhan objek yang diteliti disebut populasi. Akan tetapi jika penelitian hanya melibatkan sebagian dari keseluruhan objek yang ada, maka sebagian objek penelitian itu disebut sampel .
Pemilihan sampel haruslah representatif yang artinya mampu menggambarkan keadaan populasi secara keseluruhan. Untuk mendapatkan sampel yang sepeti ini, pemilihan sampel harus dilakukan secara acak.

2. Jenis-Jenis Sampel

Menurut Rath & Strong’s, ada dua jenis sampel, yaitu

a. Sampel judgemental yaitu sampel dipilih berdasarkan pendapat analis dan hasul penelitian digunakan untuk menarik kesimpulan tentang item-item di dalam sampel yaitu pada observasi sesungguhnya.
b. Sampel statistical yaitu sampel dipilih secara acak/random dari seluruh populasi dan hasil penelitiannya dapat digunakan untuk menarik kesimpulan tentang seluruh populasi.

3. Contoh Kasus Aplikasi Sample

Pengambilan sampel acak

Dari populasi 1000 polisi berpangkat Bintara di Polda Metrojaya akan diambil 100 polisi berpangkat Bintara di Polda Metrojaya sebagai sampel. Tanpa mempertimbangkan seorang polisi berpangkat Bintara di Polda Metrojaya itu, ia memiliki kesempatan yang sama dengan 999 polisi berpangkat Bintara lainnya. Cara pengambilannya sangat sederhana, yaitu dimulai dengan memberikan nomor urut kepada setiap Bintara. Dari nomor 1 sampai dengan nomor 1000. Setelah itu dengan menggunakan tabel bilangan acak atau dengan teknik acak yang lain. Diambil sebanyak 100 Bintara untuk menjadi anggota sampel dengan cara sebagai berikut.
Tetapkan salah satu halaman secara acak.

(1) Jatuhkan ujung pensil secara acak di halaman tersebut. Amati angka terdekat dengan jatuhnya ujung pensil, jika angka terdekat adalah 4, maka halaman yang pertama digunakan adalah halaman 4. Jika ternyata tabel itu hanya 3 halaman, kurangi angka 4 dengan 3 dan diperoleh hasil 1; ini artinya pengambilan sampel dimulai dari halaman 1.
(2) Jatuhkan ujung pensil untuk yang kedua, untuk menetapkan baris dan kolom berapa nomor sampel diambil dari tabel halaman 1. Sebelah kanan ujung pensil untuk menetapkan baris ke- dan sebelah kiri ujung pensil untuk menetapkan kolom ke-. Misalkan ujung pensil jatuh di antara 35 dan 11.
(3) Dengan hasil langkah ketiga itu, nomor sampel diambil dari kolom 35 dan baris 11 pada tabel halaman 1. Dengan petunjuk itu maka didapat deretan bilangan 37053. Mulai dari kelompok angka ini digunakan 3 angka saja, berjalan ke atas dan ke bawah sampai kebutuhan-kebutuhan jumlah 100 terpenuhi.
(4) Dengan cara ini nomor sampel yang terambil adalah 775, 476, 793, 889, 688, 348, 126, 633, 110, 738 dan seterusnya sampai diperoleh 100 nomor.

Jika menggunakan tabel yang lengkap, angka nomor sampel dapat dilanjutkan ke deretan di bawahnya. Apabila tabel bilangan acak hanya termuat pada satu halaman, maka langkah ke (2) tidak diperlukan.
Dalam hal ini, jika banyaknya anggota populasi kurang dari 1000, katakan 650, maka nomor bilangan yang lebih dari 650 dan terambil, nomor itu dikurangi dengan 350; jadi untuk angka 995 akan menjadi 645. Cara ini dapat ditinggalkan apabila tabel bilangan acak terdiri dari beberapa halaman dan memungkinkan mendapat nomor di bawah 650 yang mencukupi kebutuhan dengan meninggalkan angka di atas 650.

5 responses »

  1. Damion Mcelhenney mengatakan:

    I simply want to mention I am just new to weblog and absolutely liked you’re web-site. Almost certainly I’m planning to bookmark your site . You absolutely have outstanding articles. With thanks for sharing with us your website.

  2. white whall mengatakan:

    Whispering Misty

    So sorry you can miss the workshop!

  3. free xbox live gold membership

    […]here are some links to sites that we link to because we assume they may be worth visiting[…]

  4. Informative Article

    Im grateful for the wonderful post. Quite looking forward to reading more. Keep writing.

  5. http://hvanneyri.net mengatakan:

    I really like your blog.. vry nide coloors & theme. Did you
    create this website yourself or did you hire someone to do it for you?
    Plz respond as I’m looking to design my own blog
    and would like to find out where u got this from.
    cheers

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s