Class
merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant
dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan
attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.

Kelas adalah sebuah tipe data abstrak yang merupakan pemodelan dari objek yang berisi atribut(data) dan tingkah laku(method) yang dimiliki oleh objek tersebut.

Sebuah kelas menyerupai sebuah struktur yang merupakan tipe data sendiri, misalkan tipe data titik yang terdiri dari koordinat x dan y. Bahasa Java telah menggunakan sebuah kelas untuk menyatakan tipe data titik karena bahasa pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek murni sehingga tidak mengenal struktur tapi mengenal apa yang disebut dengan kelas.

Perbedaan sebuah kelas dengan sebuah struktur adalah sebuah kelas dapat berdiri sendiri dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan kelas-kelas yang lain, sedangkan sebuah struktur tidak dapat berdiri sendiri. Sebuah kelas lebih fleksibel untuk digunakan oleh kelas lain tanpa harus membongkar kode program utama, sedangkan jika digunakan struktur maka kode program harus dibongkar unuk disalin bagian strukturnya ke kode program utama yang lain. Sebuah file dapat terdiri dari berbagai kelas, namun biasanya pada bahasa pemrograman Java sebuah file hanya terdiri dari satu kelas yang disimpan dengan nama kelas, misal file List.java berisi kelas List. Namun jika kelas yang dibuat misalnya public class nama_kelas, maka kelas itu harus disimpan dalam satu file hanya untuk satu kelas. Setelah dilakukan kompilasi maka pada Java akan ada sebuah file ”.class” yang berisi bytecode dari setiap kelas. Jika sebuah file terdiri dari dua kelas maka setelah dikompilasi akan dihasilkan dua buah file ”.class” yang nantinya akan dibaca oleh interpreter Java saat program dieksekusi.

Sebuah kelas saat program dieksekusi dan perintah new dijalankan, maka akan dibuat sebuah objek. Objek adalah elemen pada saat runtime yang akan diciptakan, dimanipulasi dan dihancurkan saat eksekusi sehingga sebuah objek hanya ada saat sebuah program dieksekusi, jika masih dalam bentuk kode, disebut sebagai kelas jadi pada saat runtime (saat sebuah program dieksekusi), yang kita punya adalah objek, di dalam teks program yang kita lihat hanyalah kelas.

Isi dari kelas ada tiga bagian yaitu:

1. Variabel/properti/atribut
Atribut adalah karateristik yang dimiliki oleh objek. Dibagian itu kita dapat mendeklarasikan atribut-atribut yang dibutuhkan kelas untuk membentuk objek.
Sebagai contoh perhatikan kode dibawah ini:
private String nama;

2. Konstruktor
Konstruktor adalah method yang berfungsi untuk menginisialisasi variabel-variabel instans yang akan dimiliki oleh objek. Method konstruktor harus memiliki nama yang sama dengan nama kelas. Konstruktor ini dipanggil pada saat proses instalasi kelas menjadi objek.
Kegunaan konstruktor:
– Mengalokasikan ruang bagi sebuah kelas dalam objek.
– Memberikan nilai awal terhadap anggota data suatu objek.
– Membentuk tugas-tugas umum lainya.
Perlu diketahui:
– Konstruktor tidak mempunyai nilai balik(bahkan tanpa void)
– Konstruktor harus diletakkan pada bagian public. Sebagai contoh perhatikan kode dibawah ini:
public Mobil(){}

3. Method
Method merupakan tingkahlaku yang dimiliki oleh objek. Method ini bisa berbentuk prosedur maupun fungsi. Contoh penulisannya perhatikan kode dibawah ini:
public void cetakInfo()
{
System.out.println(“Nama Mobil : ” + getNama() );
}

Object
adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.

Objek adalah kesatuan entitas(benda) yang merupakan representasi nyata dari sebuah kelas.

Hubungan antara Kelas dan Objek Pada Java ini bisa dianaloginkan seperti cetakan roti dan roti hasil cetakan itu sendiri. Untuk penamaan Kelas harus diawali dengan huruf besar/kapital. Sebagai contoh perhatikan kode dibawah ini:

public calass Mobil{}

Sedangkan untuk contoh pembuatan Objek adalah sebagai berikut:

Mobil xenia = new Mobil();

Membuat object

Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class
yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.
String str = new String();
Random r = new Random();
Pegawai p2 = new PEgawai();
Date hari = new Date();
hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses
class Date.
Sedangkan operator new adalah operator yang akan menghasilkan hari sebagai
reference ke instance dari class Date().

6 responses »

  1. white whall mengatakan:

    Healing’s Dragon

    to uncover matters to enhance my web-site!I suppose its okay to generate usage of a few within your ideas!!

  2. abac bangna mengatakan:

    wow :))

    Very goodinformation and is oftenuncovered on thisinternetblogkeep writing thanks for sharing.keep posting

  3. free xbox live mengatakan:

    free xbox live

    […]that would be the finish of this post. Right here you?ll discover some web-sites that we believe you will appreciate, just click the links over[…]

  4. Informative and precise

    Its hard to find informative and accurate information but here I noted

  5. Custom Apps mengatakan:

    Fresh Article Content

    Need Fresh Website Content, We Can Help

  6. webpage mengatakan:

    I know this if off topic but I’m looking into starting my own weblog and was curious what all is required to get setup?
    I’m assuming having a blog likke yours would cost a pretty
    penny? I’m not very internet savvy so I’m not 100% certain.

    Any suggestions or advice would be greatly appreciated.
    Appreciate it

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s