KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis hanturkan kehadirat Allah SWT atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “PERANGKAT OUTPUT DALAM KOMPUTER”.
Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada :
1. Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis.
2. Ibu Delta Khairunnisa, SE, M.Si selaku dosen pembimbing mata kuliah Pengantar Sistem Komputer yang telah meluangkan waktu, tenaga dan pkiran dalam pelaksanaan bimbingan, pengarahan, dorongan dalam rangka penyelesaian penyusunan makalah ini.
3. Semua rekan di kelas 1.IB.

Dalam Penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi. Untuk itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.

Palembang,  September 2012
Penulis

Daftar isi

Kata Pengantar                                    2
Daftar Isi                                    3
BAB I PENDAHULUAN                            4
a.Latar Belakang                            5
b.Tujuan                                5
c.Rumusan Masalah                            5
d.Metode Penulisan                            5
BAB II PEMBAHASAN                            6
a.Definisi Unit Output                            6
b.Macam-macam Unit Output pada Komputer                7
BAB III PENUTUPAN                                       14
Daftar Pustaka                                           15

BAB I
Pendahuluan

A. Latar Belakang
Dunia modern identik dengan kemajuan di berbagai bidang. Salah satunya kemajuan teknologi informasi. Tidak sedikit masyarakat global menggunakan teknologi. Bahkan teknologi masa kini sudah menjamah di berbagai bidang pekerjaan, rumah tangga, sekolah, dan tempat umum lainnya. Tidak heran jika kita berjalan sering melihat orang memegang alat yang diberi nama handphone, dan di kantor- kantor, serta  sekolah banyak teknologi yang digunakan pada masa kini.
Kemajuan teknologi merupakan kemajuan pada bidang informasi dan komunikasi. Salah satu hasil dari kemajuan teknologi pada bidang informasi dan komunikasi yaitu komputer. Komputer merupakan kemajuan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi yang perlu kita acungi jempol. Dari tahun ke tahun, komputer  mengalami pembaharuan. Dahulu komputer sangatlah jarang dikenal orang dan bentuk komputer zaman dahulu tidak seperti yang sekarang. Komputer zaman dahulu dikenal dengan komputer raksasa yang cara kerjanya seperti kalkulator.
Di samping bertambahnya tahun, orang semakin cerdas untuk membaharui komputer yang kerjanya seperti kalkulator tersebut. Sekitar tahun 1999 terjadi perkembangan komputer tercipatanya perlengkapan computer seperti CPU, Mouse, Keyboard, dan banyak lainnya. Bahkan komputer yang besarnya hingga segedung menjadi lebih kecil seperti TV zaman dahulu. Menginjak tahun 2000-an pembaharuan teknologi semakin membabi buta. Komputer yang semulanya hanya duduk di meja rumah, dan untuk memindahkannya butuh banyak sukarelawan, sekarang bisa dimasukkan ke dalam tas sekolah, laci, dan harga cenderung ekonomis.
Peledakan teknologi informasi dan komunikasi pada tahun ke tahun mengakibatkan manusia menciptakan hal yang baru dalam setiap kehidupan. Katakanlah komputer memiliki beberapa komponen yang ada di dalamnya. Dan manusia selalu membaharui komponen- komponen yang ada di dalamnya.
Pada uraian diatas penulis akan membahas perangkat keras(hardware) yang ada di komputer. Salah satunya ialah unit output.

B. Tujuan
1. Agar mahasiswa mengetahui penjelasan mengenai unit output.
2. Untuk mengetahui fungsi-fungsi dari output devices.

C. Rumusan Masalah
1.      Apa definisi alat/piranti  dari unit output(output devices)?
2.      Apa  contoh dan fungsi dari unit output(output devices)?

D. Metode Penulisan
1. Metode perpustakaan        : Pengumpulan data melalui sumber buku.
2. Penelitian Kasus    : Mempelajari latar belakang keadaan suatu objek.
3. Penelitian deskriptif     : Mendeskripsikan suatu kejadian yang terjadi sekarang.

BAB II
Pembahasan

A. Unit Output (output device)
Perangkat output atau output devices adalah alat yang biasanya digunakan untuk menampilkan data, dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer. Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatan output dapat berupa:
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.

B. MACAM – MACAM ALAT OUTPUT

1. SPEAKER

Fungsi        :
Mengeluarkan suara dari computer / device lain. Baik itu musik,suara manusia dan lain-lain.
Cara Kerja        :
Ketika mendengarkan suara dari sound card,data digital suara yang berupa waveform .wav atau mp3 dikirim ke sound card. Data digital ini di proses oleh DSP (Digital Signal processing : Pengolah signal digital) bekerja dengan DAC (Digital Analog Converter : Konversi digital ke Analog ). Mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, yang kemudian sinyal analog diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
Komponen    :
Speaker Sound
DSP
DAC
Speaker biasanya dipakai pada computer yang menggunakan sistem operasi berbasis windows atau multimedia.
2. PRINTER

Fungsi                 :
Merupakan alat pencetak dengan media kertas, hasil yang terdapat dalam komputer adalah berbentuk softcopy agar bisa di lihat tanpa menggunakan komputer maka perlu dicetak di kertas dengan printer.
Cara Kerja          :
Ada berbagai macam jenis printer disini saya akan menjelaskan salah satu jenis printer yaitu jenis Laser. Cara kerja  printer ialah sebuah laser ditembakkan sesuai dengan dot-dot yang akan dicetak. Spinning mirror menyebabkan dot-dot menyebar pada drum. Drum berputar pada garis selanjutnya. Drum ini adalah photosensitive, karena sinar laser, drum menjadi terisi muatan listrik dimanapun titik yang akan dicetak.
Sejalan dengan drum yang terus bergerak, bagian terisi muatan dari drum melewati tangki yang berisi serbuk hitam yang dinamakan toner. Toner menempel ke drum pada bagian yang terisi muatan sehingga pola toner pada drum sesuai dengan image yang akan dicetak. Selembar kertas kemudian dilewatkan drum. Kawat yang terisi muatan listrik melapisi kertas. Ketika kertas kontak dengan drum, toner menempel pada kertas. Sejalan ketika kertas berputar pada drum, kertas melewati area panas dan tekanan yang  dinamakan fusing system/fuser. Fusing system ini berfungsi untuk melelehkan tinta ke kertas. Kemudian kertas keluar dari pinter. Di saat yang sama, permukaan drum melewati wire lain yang dinamakan corona wire. Corona wire ini me-reset charge pada drum, dan drum siap untuk halaman selanjutnya.

Komponen    :
Drum
Toner
Corona wire
Fuser
Laser scanner
Roller
3. PLOTTER

Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan. Plotter merupakan piranti keluaran yang dapat menghasilkan grafik atau gambar dengan kualitas tinggi dan berwarna. Plotter seringkali digunakan untuk membuat peta, gambar-gambar arsitektur, ataupun ilustrasi tiga dimensi yang biasanya berukuran terlalu besar bagi printer.

Berdasarkan prinsip kerjanya, jenis plotter dapat berupa:

A. Plotter Pena
Pada prinsipnya plotter pena memiliki satu pena atau sejumlah pena berwarna-warni untuk menggambar pada kertas atau plastik transparan. Plotter pena tidak membuat keluaran berbentuk pola titik-titik., tetapi keluaran dalam bentuk garis kontinyu.

B. Plotter Elektrostatis
Pada plotter elektrostatis ini kertas diletakkan pada tempat datar seperti meja, kemudian dibuat dengan prinsip kerja seperti pada mensin foto kopi, yaitu dengan memberi tegangan listrik pada kertas. Tegangan listrik tersebut yang akan menarik tinta untuk melekat pada kertas. Tinta kemudian dicairkan dengan pemanasan. Kualitas jenis plotter ini tidak sebagus plotter pena, tetapi kecepatannya lebih tinggi.

C. Plotter Thermal
Plotter thermal menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis. Kemudian pin tersebut dilewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas, sehingga terbentuk gambar. Plotter thermal dapat digunakan untuk mencetak pada kertas maupun pada film buram.

Dalam perkembangannya ada jenis plotter lain yang akan dibahas, yaitu
a. Plotter Pemotong
Plotter jenis ini dapat sekaligus memotonh bahan vinyl, karet, gabus, kulit, dan lain-lain. Contoh pemanfaatannya yaitu pada industri sepatu atau industri pakaian, untuk memotong pola atau bahan sekaligus.

b. Plotter Format Lebar
Plotter format lebar biasa digunakan oleh perusahaan grafis, karena plotter jenis ini dapat membuat cetakan berwarna dalam kertas yang sangat lebar. Teknologi yang digunakan ada yang menyerupai printer ink-jet ataupun plotter thermal.

4. MONITOR

Fungsi                 :
Untuk menampilkan gambar, film, dan tulisan.
Cara Kerja          :
Disini saya akan mengambil contoh Monitor jenis LCD (Liquid Cristal Display). LCD terbagi dari 2 bagian utama yaitu backlight dan kristal cair. Backlight adalah sumber cahaya LCD yang biasanya terdiri dari 1 sampai 4 buah (berteknologi seperti) lampu neon. Lampu Backlight ini berwarna putih. Kristal cair akan menyaring cahaya backlight. Cahaya putih merupakan susunan dari beberapa ratus cahaya dengan warna yang berbeda. Beberapa ratus cahaya tersebut akan terlihat jika cahaya putih mengalami refleksi atau perubahan arah sinar. Warna yang akan dihasilkan tergantung pada sudut refleksi. Jadi jika beda sudut refleksi maka beda pula warna yang dihasilkan. Dengan memberikan tegangan listrik dengan nilai tertentu. Kristal cair dapat berubah sudutnya. Dan karena tugas kristal cair adalah untuk merefleksikan cahaya dari backlight maka cahaya backlight yang sebelumnya putih bisa berubah menjadi banyak warna. Kristal cair bekerja seperti tirai jendela.
Jika ingin menampilkan warna putih kristal cair akan membuka selebar-lebarnya sehingga cahaya backlight yang berwarna putih akan tampil di layar. Namun Jika ingin menampilkan warna hitam. Kristal cair akan menutup serapat- rapatnya sehingga tidak ada cahaya backlight yang yang menembus (sehingga di layar akan tampil warna hitam). Jika ingin menampilkan warna lainnya tinggal atur sudut refleksi kristal cair.
Komponen     :
Backlight
Kristal Cair
Monitor merupakan alat untuk menampilkan hasil pengetikkan data lewat keyboard dan hasil pemrosesan data. Informasi atau tulisan yang terlihat pada layar monitor dinamakan soft copy.
Ada beberapa type monitor yang perlu kita kenal di antaranyaberikut ini:
1) Type CGA dengan resolusi 600 X 200 pixel dan kecepatannya 15.720 Khz
2) Type EGA dengan reolusi  640 X 350 pixel dan kecepatannya 21. 850 Khz
3) Type VGA dengan reolusi  640 X 480 pixel dan kecepatannya 31.500 Khz
4) Type SVGA dengan reolusi  800 X 600 pixel dan kecepatannya 35.200 Khz
5) Type XGA dengan reolusi  1024 X 768 pixel dan kecepatannya 31.500 Khz

5. HEADPHONE

Fungsi               :
Sama seperti speaker yaitu mengeluarkan Suara namun dalam kapasitas lebih kecil Di bandingkan dengan speaker.
Cara Kerja        :
Suara yang telah di input melalui Microphone dikirim ke  soundcard Data digital ini kemudian diolah/ diproses Oleh DSP (Digital Singnal Processing) Yang bekerja dengan DAC (Data Analog Converter), yang mengubah sinyal digital Menjadi analog dan di keluarkan memlalui Headphones.
Komponen      :
Speaker
DAC
DSP

6. PROYEKTOR LCD

Fungsi                    :
Untuk menampilkan gambar pada sebuah layar.

Cara kerja             :
Bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B). Sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel- panel LCD  tersebut yang telah disatukan oleh sebuah  prisma khusus. Gambar yang telah  disatukan tersebut kemudian dilewatkan  melalui lensa dan di”jatuh”kan pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh.

Komponen      :
Ventilasi
Lensa
Socket
Sensor
Component Video
Tabung dichroic combiner

BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Unit output ialah alat yang digunakan untuk menampilkan data, dengan kata lain menangkap data yang dikirim oleh mikroprosesor. Peralatan alat output ialah hard copy devices, soft copy devices, dan drive devices. Macam-macam unit output ialah speaker, printer, plotter, monitor, headphone, dan proyektor LCD.

Daftar Pustaka

Hakeem. 2007. Modul Teknologi Informasi X. Yogyakarta: jogjawebcenter.com
Wiyono, Puji. 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi.Solo: Putra Kertonatan.
http://www.google.co.id/perangkat_input_dan_output/
http://www.google.co.id/komponen_hardware/
http://www.frendyrumambi.web.id/2012/05/plotter.html

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s