BAB I

LATIHAN SOAL (TUGAS) :

  1. Apa peran akuntan dalam SIA
  2. Kegiatan apa saja yang dilakukan dalam pengumpulan data dan pemrosesan data
  3. Apa guna feedback (umpan balik) dalam pemrosesan data menjadi informasi, jelaskan
  4. Jelaskan kegunaan komputer didalam SIA
  5. Mengapa pengawasan diperlukan di dalam SIA, jelaskan

 

JAWAB

  1. Peran akuntan dalam SIA adalah akuntan berinteraksi dengan SIA bisa dalam bentuk menggunakan, mengevaluasi, dan mengembangkan SIA.
  2. Kegiatan yang dilakukan dalam pengumpulan dan pemrosesan data adalah :

a. Pengumpulan Data

  • untuk memastikan bahwa data yang memasuki sistem itu sah, lengkap dan bebas dari kesalahan.
  • Pengumpulan data melibatkan tahap-tahap seperti memperoleh data transaksi, mencatat data tersebut ke formulir dan memvalidasi dan mengedit data untuk menjamin keakuratan dan kelengkapan.

b. Pemrosesan Data

Dalam pemrosesan data ini, data dioleh untuk menghasilkan informasi. Fungsi pemrosesan data terdiri dari tahap-tahap berikut ini :

  • mengklasifikasikan atau menetapkan data yang dikumpulkan menjadi kategori yang telah ditetapkan sebelumnya
  • penjabaran atau mengkopi/mereproduksi data ke dokumen atau media lain
  • Penyortiran atau pengaturan elemen data menurut satu atau lebih karaktersitik
  • Batching, atau mengumpulkan bersama-sama kelompok transaksi yang sama sifatnya
  • Menggabungkan atau mengkombinasikan dua atau lebih tumpukan atau file data
  • Kalkulasi atau melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
  • Ikhtisar atau menyatukan elemen kuantitatif
  • Membandingkan atau menguji item dari batch/tumpukan yang terpisah atau file untuk menemukan kecocokan atau untuk menentukan perbedaan

 

  1. Guna dari umpan balik dalam pemrosesan data menjadi informasi yakni berbentuk output yang dikirimkan kembali ke sistem sebagai sumber data. Umpan balik ini dapat bersifat internal atau eksternal dan digunkan untuk memulai atau mengubah suatu proses.
  2. Kegunaan komputer di dalam SIA adalah Komputer digunakan pada seluruh jenis sistem informasi. Teknologi informasi mencakup komputer dan teknologi lain yang digunakan untuk memproses informasi. Setiap organisasi yang menggunakan komputer untuk memproses data transasksi memiliki fungsi sistem informasi. Fungsi sistem informasi bertanggung jawab untuk pengolahan data. Pengolahan data merupakan aplikasi SIA yang paling mendasar dalam setiap organisasi.
  3. Alasan pengawasan diperlukan dalam SIA adalah karena disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :
  • perubahan lingkungan organisasi
  • peningkatan kompleksitas organisasi
  • kesalahan-kesalahan
  • kebutuhan manajer untuk mendelegasikan wewenang

 

BAB II

LATIHAN SOAL (TUGAS)

  1. Jelaskan perusahaan sebagai suatu sistem, komponen apa saja yang membentuknya
  2. Apa yang dimaksud constraint dan bedakan dengan interface, jelaskan
  3. Jelaskan sub sistem utama dari perusahaan
  4. Apa perbedaan siklus antara perusahaan manufaktur dengan perusahaan jasa
  5. Apa yang dimaksud dengan sistem operasional, jelaskan

 

JAWAB

  1. a. Perusahaan sebagai suatu sistem

Sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab sosial.

Organisasi adalah kumpulan unit kerja atau pengambilan keputusan untuk mewujudkan tujuan. Sebagai sistem, setiap organisasi menerima masukan-masukan dan mengubah menjadi keluaran-keluaran dalam bentuk produk atau jasa. Misalnya suatu universitas menerima masukan-masukan berupa waktu yang dimiliki tenaga pengajar dan para mahasiswa, dan mengubah masukan-masuka ini menjadi beragam keluaran untuk tujuan pengembangan pendidikan dan ilmu pengatahuan.

b. Komponen yang membentuknya

Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerjasama membentuk suatu kesatuan. Komponen-komponen sistem atau elemen-elemen sistem dapat berupa subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem mempunyai subsistem yang saling berkait dan mendukung. Selain memiliki subsistem-subsistem yang saling berkaitan, suatu sistem merupakan bagian integral dari sistem yang lebih besar. Hubungan antara subsistem dengan sistem membentuk suatu rerangka (framework) yang disebut sistem hirarki.

  1. Puncak sistem hirarki adalah industri dan lingkungan eksternal perusahaan.
  2. Tingkat kedua adalah perusahaan. Perusahaan membuat beberapa subsistem, yaitu struktur organisasi, sistem informasi dan sistem operasional.
  3. Tingkat hirarki berikutnya adalah sistem informasi yang dapat digambarkan sebagai suatu kelompok yang berkaitan dengan beberapa subsistem seperti sistem informasi produksi, sistem informasi akuntansi, sistem informasi pemasaran.

 

  1. Pengertian Constraints adalah keterbatasan internal dan eksternal yang menentukan bentuk dan kemampuan suatu sistem. Contohnya wilayah pemasaran yang dipunyai oleh suatu perusahaan pada wilayah tertentu saja dimana perusahaan tidak mencakup wilayah pemasaran di seluruh provinsi.

Perbedaan constraints dan interface adalah Antarmuka (Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna dengan sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna dan memberikan informasi kepada pengguna untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Tujuan sebuah interface adalah mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar pengguna mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut. Sedangkan constraints batas-batas internal dan eksternal yang menentukan konfigurasi dan kapabilitas sistem, missal; batasan kemampuan mesin berproduksi, batasan pasar.

  1. Subsistem utama dalam perusahaan

Hirarkhi teratas dalam suatu hirarkhi sistem adalah lingkungan industri dan lingkungan ekternal perusahaan, tingkat sistem berikutnya adalah perusahaan itu sendiri. Perusahaan terdiri pula atas subsistem seperti; struktur organisasi, sistem informasi, dan sistem operasional. Tingkat berikutnya dalam hirarchi sistem adalah sistem informasi yang dapat digambarkan sebagai sistem yang terdiri dari subsistem yang saling berhubungan missal subsistem informasi produksi, akuntansi, pemasaran.

 

  1. Perbedaan siklus antara perusahaan manufaktur dengan perusahaan jasa

Tidak ada perbedaan antara siklus perusahaan jasa dengan siklus perusahaan manufaktur, karena semua sama yaitu di mulai dari adanya proses transaksi perusahaan sampai pada proses pembuatan laporan keuangan perusahaan. Perbedaannya terletak pada keterangan berikut ini :

  • Perusahaan jasa :
  • Tidak mempunyai persediaan barang
  • Pembelian atau pemesanan jasa langsung diberikan kepada konsumen dalam perlengkapan atau peralatan
  • Harga pokok penjualan jasa tdak ada
  • Perusahaan manufaktur :
  • Mempunyai persediaan bahan mentah atau bahan baku
  • Mempunyai persediaan untuk proses produksi
  • Mempunyai persediaan bahan tambahan
  • Mempunyai persediaan barang jadi
  • Terdapat proses pembelian
  • Harga pokok penjualan perusahaan ada
  • Mempunyai akuntansi biaya

 

  1. Definisi dari sistem operasional adalah Sistem operasional suatu perusahaan adalah kumpulan aktivitas utama perusahaan. Setiap aktivitas utama menambah nilai output perusahaan. Aktivitas ini membentuk suatu rantai melalui sumber-sumber yang diubah menjadi output akhir perusahaan. Proses yang kolektif ini disebut value chain. Contohnya adalah perusahaan manufaktur. Empat proses utamanya yaitu memperoleh bahan baku, menghasilkan barang jadi, menyimpan barang jadi, dan pengiriman barang jadi. Keempat proses ini menunjukkan rantai dari supplier ke pelanggan. Proses yang saling berhubungan ini dapat dibagi lagi menjadi subsistem. Misalnya sistem perolehan bahan baku dapat menjadi pemesanan bahan banku, penerimaan bahan baku, dan penyimpanan bahan baku.

Sejumlah aktivitas perusahaan mendukung aktivitas utama. Aktivitas pendukung ini dibentuk oleh fungsi organisasi, termasuk keuangan, akuntansi, personalia, promosi dan staf departemen produksi. Melalui bantuan teknologi informasi baik aktivitas utama maupun aktivitas pendukung dapat dijalankan lebih efisien dan tepat waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s