Apa Yang Dimaksud Dengan Motivasi Menurut Anda?

Motivasi berpangkal dari kata motif yang dapat diartikan sebagai daya penggerak yang ada di dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi tercapainya suatu tujuan. Bahkan motif dapat diartikan sebagai suatu kondisi intern (kesiapsiagaan).
Adapun menurut Mc. Donald, motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan di dahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan.

3 UNSUR POKOK MOTIVASI (MENURUT MC.DONALD)

Dirangsang Oleh TUJUAN
Perubahan ENERGI
Terbentuknya FEELING
Dalam kegiatan belajar, motivasi dapat dikatakan sebagai keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan, menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar, sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai.

MENGAPA MOTIVASI PERLU?

Dalam kegiatan belajar, motivasi sangat diperlukan, sebab seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar. APAKAH ANDA SETUJU?

JENIS MOTIVASI (Berdasarkan Faktor Pendorong)

1. Motivasi Intrinsik. Jenis motivasi ini timbul dari dalam diri individu sendiri tanpa ada paksaan dorongan orang lain, tetapi atas dasar kemauan sendiri.
2. Motivasi Ekstrinsik. Jenis motivasi ini timbul sebagai akibat pengaruh dari luar individu, apakah karena adanya ajakan, suruhan, atau paksaan dari orang lain sehingga dengan keadaan demikian siswa mau melakukan sesuatu atau belajar.

STRATEGI MENUMBUHKAN MOTIVASI (Apa saja menurut, Anda?)

1. Menjelaskan tujuan belajar ke peserta didik. Pada permulaan belajar mengajar seharusnya terlebih dahulu seorang guru menjelaskan mengenai Tujuan Instruksional Khusus yang akan dicapainya kepada siswa. Makin jelas tujuan maka makin besar pula motivasi mereka dalam belajar.
2.Hadiah Berikan hadiah untuk siswa yang berprestasi. Hal ini akan memacu semangat mereka untuk bisa belajar lebih giat lagi. Di samping itu, siswa yang belum berprestasi akan termotivasi untuk bisa mengejar siswa yang berprestasi.
3.Saingan/kompetisi Guru berusaha mengadakan persaingan di antara siswanya untuk meningkatkan prestasi belajarnya, berusaha memperbaiki hasil prestasi yang telah dicapai sebelumnya
4.Hukuman Hukuman diberikan kepada siswa yang berbuat kesalahan saat proses belajar mengajar. Hukuman ini diberikan dengan harapan agar siswa tersebut mau merubah diri dan berusaha memacu motivasi belajarnya.
5. Membangkitkan Dorongan Anak didik didorong untuk belajar Strateginya adalah dengan memberikan perhatian maksimal ke peserta didik.
6. Membentuk kebiasaan belajar yang baik
7.Membantu kesulitan belajar anak didik secara individual maupun kelompok
8. Menggunakan metode yang bervariasi, dan
9.Menggunakan media yang baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Sumber : M. Sobry Sutikno

5 responses »

  1. Raul Ramonez mengatakan:

    Alege elegant si simplu, alege online! Rochii Online iti aduce cele mai noi colectii de rochii din Marea Britanie. Indiferent daca esti in cautare de: Rochii de Ocazie, Rochii Club, Rochii de Vara 2012 sau Rochii Office Rochii Online este locul potrivit. Preturi mici si calitate maxima, numai pe RochiiOnline.me. Reduceri la doar un click distanta. Alege eficient si elegant!

  2. Rupert Solle mengatakan:

    I just want to tell you that I am just all new to weblog and seriously savored your page. Likely I’m want to bookmark your blog post . You surely have fantastic well written articles. Bless you for sharing with us your web page.

  3. Melda Mccleary mengatakan:

    Omg, love!!! The interaction involving the two is amazing. So are your photographs

  4. white whall mengatakan:

    The Slave of the Husband

    Searching for forward to researching added from you afterward!…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s